Adsense

Indonesian Arabic Chinese (Simplified) English
  • Bulletin

  • Adsense One

Bulletin

PELUANG USAHA

Peluang Usaha Tabloid 
 
Artikel ini diambil dari Tabloid Peluang Usaha no 15 | THN IV | 30 Maret – 12 April 2009

Pembina LPTTI

Tanya:
PU saya ini karyawan yang kena PHK, Saya punya uang sekitar Rp 5 juta, dan ingin saya gunakan sebagai modal usaha berjualan pulsa dan aksesoris HP dengan membuka konter di pinggir jalan. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:
1.    Apakah berjualan pulsa dengan membuka konter masih prospektif?
2.    Apa yang harus saya persiapkan?
3.    Di mana saya dapat belanja pulsa dan kelengkapan aksesori yang murah?
4.    Bagaimana mengatasi persaingan usaha yang ada?
Besar harapan mendapat panduan dari PU

-Romi Bekasi-
Jawab:
Mengenai jualan pulsa dan aksesoris HP sampai saat ini masih tetap menjanjikan. Meskipun sudah banyak orang yang membuka konter pulsa, namun tinggal penjualan pulsa terus meningkat, apalagi pengguna HP terus bertambah. Bagi pemula yang baru akan memulai usaha konter pulsa, ada beberapa hal yang harus disiapkan di antaranya:

1.    Persiapan tempat jualan/ Lokasi
Pilih lokasi usaha yang strategis seperti perempatan jalan, tempat naik - turun penumpang angkot, pintu masuk kompleks perumahan, samping ATM/Bank, di depan minimarket, ruko atau pusat keramaian lainnya sekolah, perkantoran, Penjualan pulsa yang laku umumnya terjadi di lokasi strategis, untuk itu mengalokasikan sewa tempat Rp.200-300 ribu/ bulan masih dapat dimaklumi. Sementara itu perlengkapan yang diperlukan seperti etalase 1×1 meter yang dapat dibeli (bekas-baru) sekitar Rp 300 – 600 ribu. Selain itu ada pula papan harga bisa menggunakan whiteborad ukuran 1,2×1 meter yang dapat dibeli sekitar Rp. 50 – 80 ribu serta 2 buah kursi pastik.

2.    Pilih barang dagangan
Berjualan pulsa tentu harus tersedia pulsa fisik maupun elektrik. Namun berdasarkan riset, 70% penjualan pulsa di konter adalah pulsa elektrik sedangkan sisanya pulsa fisik. Dengan demikian, jangan terlalu banyak menyetok pulsa fisik, dan perbanyak deposit pulsa elektrik. Selain itu hal yang harus diperhatikan adalah lebih banyak menyetok pulsa yang tingkat penjualannya tinggi. Biasanya hal ini dapat diketahui 1 bulan penjualannya tinggi. Biasanya hal ini dapat diketahui 1 bulan penjualan dengan membuat list penjualan pulsa berdasarkan provider. Meskipun telah mengetahui ada provider yang tingkat penjualannya rendah, namun tetap harus tersedia stoknya. Hal ini bertujuan jangan sampai ada pembeli kecewa apabila menanyakan pulsa ternyata stoknya habis. Untuk pulsa fisik atau elektrik bisa dilakukan ke agen atau distributor penjualan pulsa seperti di sentra penjualan HP dan Pulsa seperti Roxy Mac atau ITC Cempaka Mas, Jakarta Pusat. Bagi pemula menggunakan multichip (satu kartu untuk semua provider) bisa lebih menghemat biaya pengeluaran karena hanya memerlukan 1 HP. Berbeda jika modal yang dimiliki cukup besar, Anda bisa gunakan satu chip untuk tiap provider di mana pembelian pulsa langsung dari provider, bukan agen/distributor. Sementara itu jenis dan jumlah aksesoris yang bisa dijual di antaranya tali HP, casing, baterei, charger, keypad, hingga sarung HP. Meskipun tingkat penjualan aksesoris ini tidak sebesar penjualan pulsa, namun keuntungan yang didapatkan bisa mencapai 100% pada hal untung penjualan pulsa sekitar Rp 500-1000/transaksi.

3. Kiat menjual Produk.
Agar menarik pembeli Anda harus layani konsumen sendiri, Anda harus mengetahui kelebihan konter penjualan pulsa yang Anda dimiliki, terhadap konter pesainga lainnya. Misalnya saja lokasi strategis, pelayanan yang ramah, kios yang terang benerang saat malam, memberikan hadiah kecil seperti permen, air mineral bagi pembeli. Selain itu Anda pun harus mengikuti perkembangan seluler dengan membaca koran/ tabloid. Untuk lebih menarik konter Anda mampu menerima servis handphone.

4.  Simulasi Perhitungan Usaha Konter Pulsa
Sewa lahan     Rp 200.000 – Rp 300.000
Etalase           Rp 300.000 – Rp 600.000
Honor SDM     Rp 500.000 – Rp 700.000
Operasional     Rp 200.000/ awal
V. Perdana      Rp 200.000
V. Pulsa         Rp 1.200.000 -Rp 1.500.000
Aksesoris        Rp 500.000
Alat Servis      Rp 200.000/ awal
Promosi         Rp 50.000/ awal
Total Modal    Rp 3.350.000 – Rp 4.250.000

Dengan demikian modal ± Rp 5 juta yang Anda miliki, sudah bisa untuk memulai berjualan pulsa dengan konter. Berdasarkan data penjualan, pulsa di pinggir jalan di bulan pertama sekitar 315x transaksi atau 10x transaksi perhari. Dan penjualan akan meningkat di bulan berikutnya menjadi 500-737-750-800x transaksi di bulan kelima. Semakin lama dikenal, maka dengan perhitungan untung penjualan pulsa sekitar Rp 1.000-1.500 per tansaksi dan penjualan aksesoris, serta terima jasa servis, dalam jangka waktu 5 bulan dari keuntungan bersih yang diperoleh, setidaknya penjual pulsa di konter sudah bisa balik modal. Namun ada beberapa persyaratan seperti hasil penjualan digunakan kembali untuk membeli pulsa dan aksesoris serta keperluan usaha, keuntungan bersih yang diperoleh tidak digunakan untuk keperluan pribadi dan tidak menerapkan hutang kepada pelanggan/ saudara/ rekan, jika pun terpaksa hutang hanya pada pelanggan loyal dengan tempo 1–2 hari lunas.

Demikian telah terbukti keuntungan yang diperoleh dari pengusaha konter pulsa seluler & servis, dengan bertumbuhnya konter-konter. Ingat selain dana 5 juta untuk modal Anda tetap harus punya dana belanja Rumah Tangga selama 5-6 bulan, sampai bisnis ini BEP (balik modal). Penting lagi adalah promosi selebaran, dan promosi dari mulut ke mulut, dapatkan 40 pelanggan loyal dengan dibuatkan kartu anggota/ komunitas. Selamat Salam Sukses.
 

Bulletin

Alamat LPTTI

LPTTI - Lembaga Pendidikan Teknologi Terapan IndonesiaReview www.lptti.com on alexa.com
WISMA SUBUD, Jl Fatmawati Raya 52, Cilandak Barat Telp. 021-7669585
JAKARTA SELATAN

Kel. Pisangan TSHP

TEKNISI SERVIS HANDPHONE KEL.PISANGAN
Pelatihan Reparasi Handphone untuk pemuda dilingkungan Kel. Pisangan.
Program pengabdian masyarakat, oleh Jurusan Teknik Elektro, UNJ. Rawamangun 17-18 Nov 2007. Bekerja sama LPTTI dibawakan oleh Sriwijaya dan Sudanang Dananjaya.

Read more...

Testimoni Perjalanan Konter Servis Handphone (CYBER CELL)

Konter kami, beri nama Cyber Cell, berdiri pada tanggal 13 September 2016 yang beralamat di jalan Siaga Raya, Attahiriyah, Pejaten Barat, Jakarta Selatan.

Alhamdulillah dengan telah mengikuti pelatihan yang di laksanakan oleh Lembaga Pendidikan Teknologi Terapan Indonesia (LPTTI) di Cilandak, Jakarta S...

Read more...

Digital Marketing

KENAPA DIGITAL MARKETING ?

Pengukuran dan pelaporan telah lama berfungsi sebagai dasar aktivitas pemasaran digital, namun pada tahun 2017, sifat digital yang didorong data akan menjadi lebih penting. Pemasaran di dalam toko semakin populer karena pengiklan telah berhasil memanfaatkan kemampuannya...

Read more...

PRODUK

Produk LPTTI antara lain;

  • Pelatihan pendidikan Teknologi Terapan yang bersifat singkat, padat namun aplikatip
  • Buku-buku susunan LPTTI
  • Paket penjualan Alat perbaikan handphone
  • Paket penjualan Box Repair Software Handphone
  • Paket penjualan peralatan mesin cetak kaos, mug, Pin dan ID Card
  • Paket penjualan komp...
Read more...