Adsense

Indonesian Arabic Chinese (Simplified) English
  • Bulletin

  • Adsense One

Bulletin

USAHA VOUCHER

Kiat Usaha Voucher 
 
KIAT USAHA VOUCHER PULSA DITENGAH PERSAINGAN KETAT

Tanya:
Dear PU, Saya adalah karyawan sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang pengadaan alutsista (alat utama sisten senjata). Untuk mendapatkan pemasukan tambahan, saya berencana membuka usaha yang simple dan mudah dilakukan. Setelah saya teliti sesuai dengan kemampuan yang saya miliki, saya berencana membuka usaha jual-beli pulsa karena prospek di bidang ini sangat bagus dilihat dari semakin meningkatnya pengguna telepon seluler. Tetapi ada yang membuat saya untuk berpikir ulang untuk menjalankan usaha ini. Berikut beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan kepada Bapak Pengasuh Rubrik Konsultasi Marketing:
1.    Apakah usaha di bidang jual-beli pulsa saat ini masih bisa memberikan keuntungan mengingat semakin ketat persaingan?
2.    Di manakah lokasi yang tepat untuk menjalankan usaha ini?
3.    Sistem marketing seperti apa yang mesti dijalankan, mengingat pemain yang terjun di usaha ini bisa dibilang menjamur, ditambah lagi dengan adanya system penjualan pulsa franchise yang cukup menggunakan handphone pribadi.
4.    Apakah saya bisa membuka usaha dengan memiliki konter yang hanya menggunakan paying?
Mohon penjelasan dari Bapak agar saya tidak salah dalam mengambil langkah. Terima kasih

Dani Sutrisna, Bandung
Jawab:
Terima kasih buat saudara Dani sutrisna di Bandung atas apresiasinya terhadap tabloid Peluang Usaha. Terus terang saya turut bergembira saudara sebagai karyawan swasta, ingin mendapat tambahan pemasukan dengan berencana buka usaha jual-beli pulsa. Bersama ini jawaban saya sbb:
1.    Bila dilihat dari semakin meningkatnya pengguna telepon seluler di Indonesia, hingga di pedesaan, serta 70-an persen adalah prabayar, maka betul prospek usaha jual-beli pulsa ini bagus. Namun seiring dengan begusnya usaha ini, di satu sisi yang berjualan pulsa juga semakin banyak, bahkan menjamur. Bahkan banting harga yang kurang rasional, sehingga keuntungan menipis. Walau bisa memberikan keuntungan, namun hanya cukup untuk hidup, sehingga perlu dikuasai system usaha jual-beli pulsa ini. Kini voucher merupakan barang komoditi seperti sembako yang ke-10.
2.    Bagi pendatang baru perlu mempelajari dahulu bisnis ini serta melakukan analisi pasar di sekeliling rencana tempat usaha, melalui analisa SWOT (Kelebihan, Kelemahan, Peluang dan Risiko). Masyarakat pasti sudah memiliki kebiasaan atau tempat berbelanja bulanan, maka kita saudara harus memiliki kelebihan dari konter-konter pada umumnya yang telah ada.
3.    Ingat bahwa semua usaha agar laku maka persyaratan pertama adalah: Lokasi, kedua:Lokasi, ketiga: Lokasi. Maksudnya apa? Artinya penentuan lokasi sangatlah penting agar yang kita jual mudah dikenal masyarakat terjangkau, nyaman. Nah, yang tepat untuk menjalankan usaha ini adalah selain yang tidak ramai saingan, berada pada persimpangan jalan, dekat dengan jalan yang selalu ramai, dekat pusat keramaian seperti:perkantoran, pasar, pendidikan menengah-tinggi, ATM, Supermarket, tempat naik-turun angkot, di mulut jalan keluar-masuk perumahan. Bila dua atau tiga unsur ini ada pada lokasi pilihan saudara maka peluang lakunya akan lebih besar.
4.    Modal usaha dimulai dari yang kecil Rp 3-5 jutaan untuk membeli voucher fisik & elektrik, melengkapi aksesoris, dan yang penting kuasai teknik menjual.
5.    Sistem marketing yang diterapkan adalah papan nama besar dan terang, konter dengan kondisi terang, bersih, nyaman, etalase diberi lampu, barang disusun rapi, memberikan layanan emosional yang ramah, layanan cepat, mudah, ramah, akurat dan ikhlas. Membangun jaringan dengan membuat system kartu keanggotaan dengan bonus pembelian, berikan juga hadiah.
6.    Untuk memiliki beberapa cabang konter dengan payung, bisa dengan mencontoh keberhasilan yang pertama, walau kondisi dan hasilnya berbeda.
7.    Berwirausaha intinya adalah pada mental pribadi, apakah tahan banting, ulet, rajin, sabar. Agar lebih yakin dan terbimbing, dapat bacalah buku ”Cara mudah berbisnis seluler” karya saya atau dengan mengikuti lokakarya ”Kiat Buka Konter Seluler” di LPTTI. Kelak bila sudah berjalan dapat manambah keuntungan dengan layanan jasa servis HP.

Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat selamat berusaha, Terima kasih.
 

Bulletin

Alamat LPTTI

LPTTI - Lembaga Pendidikan Teknologi Terapan IndonesiaReview www.lptti.com on alexa.com
WISMA SUBUD, Jl Fatmawati Raya 52, Cilandak Barat Telp. 021-7669585
JAKARTA SELATAN

Kel. Pisangan TSHP

TEKNISI SERVIS HANDPHONE KEL.PISANGAN
Pelatihan Reparasi Handphone untuk pemuda dilingkungan Kel. Pisangan.
Program pengabdian masyarakat, oleh Jurusan Teknik Elektro, UNJ. Rawamangun 17-18 Nov 2007. Bekerja sama LPTTI dibawakan oleh Sriwijaya dan Sudanang Dananjaya.

Read more...

Testimoni Perjalanan Konter Servis Handphone (CYBER CELL)

Konter kami, beri nama Cyber Cell, berdiri pada tanggal 13 September 2016 yang beralamat di jalan Siaga Raya, Attahiriyah, Pejaten Barat, Jakarta Selatan.

Alhamdulillah dengan telah mengikuti pelatihan yang di laksanakan oleh Lembaga Pendidikan Teknologi Terapan Indonesia (LPTTI) di Cilandak, Jakarta S...

Read more...

Digital Marketing

KENAPA DIGITAL MARKETING ?

Pengukuran dan pelaporan telah lama berfungsi sebagai dasar aktivitas pemasaran digital, namun pada tahun 2017, sifat digital yang didorong data akan menjadi lebih penting. Pemasaran di dalam toko semakin populer karena pengiklan telah berhasil memanfaatkan kemampuannya...

Read more...

PRODUK

Produk LPTTI antara lain;

  • Pelatihan pendidikan Teknologi Terapan yang bersifat singkat, padat namun aplikatip
  • Buku-buku susunan LPTTI
  • Paket penjualan Alat perbaikan handphone
  • Paket penjualan Box Repair Software Handphone
  • Paket penjualan peralatan mesin cetak kaos, mug, Pin dan ID Card
  • Paket penjualan komp...
Read more...