Adsense

Indonesian Arabic Chinese (Simplified) English
  • Bulletin

  • Adsense One

Bulletin

Panel Surya Penunjang Listrik Rumah

Sistem energi terbarukan sendiri di tujukan mengurangi ketergantungan dunia pada bahan bakar fosil, dengan menggambar pada sumber energi bebas dan konstan dari dunia kita untuk menyediakan kebutuhan energi dan meningkatkan keandalan yang mengurangi pemadaman listrik, yang terus-menerus menempatkan beban pada kehidupan rumah Anda dan keuntungan.

Dari semua alternatif energi terbarukan kita miliki saat ini, tenaga surya masih yang paling layak untuk sebagian besar rumah tangga. Panel surya dan peningkatan efisiensi, matahari akan lebih murah dari sebelumnya!

Dasar pemikiran, memutuskan untuk meninjau dan membandingkan 190 watt fotovoltaik sedikit (PV) modul, atau dikenal sebagai panel surya. Ini mungkin akan menjadi item pertama Anda melihat ke dalam ketika mempertimbangkan sistem instalasi listrik di tempat Anda tinggali.

Sebuah sel surya atau sel fotovoltaik adalah perangkat yang mengubah energi cahaya menjadi energi listrik. Kadang-kadang sel surya istilah disediakan untuk perangkat ditujukan khusus untuk menangkap energi dari sinar matahari, sedangkan sel fotovoltaik istilah digunakan ketika sumber cahaya yang tidak ditentukan. Bidang penelitian yang berkaitan dengan sel surya dikenal sebagai voltaics foto.

Panel listrik surya mengandung sel-sel fotovoltaik banyak elektrik terhubung dan dikemas di balik kaca untuk perlindungan mekanik dan isolasi listrik. Modul biasanya dihubungkan bersama-sama dalam array dan dengan komponen lain seperti bingkai mounting dan inverter listrik (untuk di grid) atau charge controller dan baterai (untuk off grid).     solar cells
Selain panel surya, sebuah photovoltaic (PV) sistem struktur memerlukan mounting untuk memiringkan panel ke arah matahari, inverter untuk mengkonversi panel yang dihasilkan arus searah (DC) ke dalam alat-ramah penyimpanan alternating current (AC), baterai untuk mengkompensasi tidak menguntungkan kondisi cuaca, dan controller biaya untuk mengatur operasi baterai.

Solar Home System

Solar Home Sistem adalah sistem pembangkit listrik yang berdiri sendiri, cocok untuk aplikasi residen seperti peralatan rumah, penerangan, komputer, dan pipa air yang terbuat dari solar panel, solar charge controller, inverter dan baterai. Sistem ini merupakan pembangkit listrik yang ramah lingkungan, tidak menghasilkan radiasi elektromagnetik, serta mudah dalam instalasi dan perawatannya. Jumlah energi yang dihasilkan bergantung pada intensitas cahaya matahari dan jumlah modul surya yang dipasang.

Keuntungan menggunakan Solar Home System :

-      Instalasi mudah : Menggunakan peralatan sederhana dan tidak perlu keahlian khusus

-      Pengoperasian mudah : Bekerja tanpa bahan bakar dan tidak memerlukan pengoperasian khusus.

-      Daya tahan lama : Bekerja secara terus menerus dengan baik selama lebih dari 25 tahun.

-      Ramah Lingkungan : Tidak mengakibatkan polusi dan tidak menghasilkan gelombang elektromagnetik.


Kenapa menggunakan tenaga matahari/ surya?

 solar cell systemIndonesia memiliki karunia sinar matahari. Hampir di setiap pelosok Indonesia, matahari menyinari sepanjang pagi sampai sore. Energi matahari yang dipancarkan dapat diubah menjadi energi listrik dengan menggunakan panel surya / solar cell.

Pembangkit listrik tenaga surya adalah ramah lingkungan, dan sangat menjanjikan. Sebagai salah satu alternatif untuk menggantikan pembangkit listrik menggunakan uap (dengan minyak dan batubara).

Perkembangan teknologi dalam membuat panel surya / solar cell yang lebih baik dari tingkat efisiensi, pembuatan aki yang tahan lama, pembuatan alat elektronik yang dapat menggunakan Direct Current, adalah sangat menjanjikan.

Pada saat ini penggunaan tenaga matahari (solar cell) masih dirasakan mahal karena tidak adanya subsidi. Listrik yang kita gunakan saat ini sebenarnya adalah listrik bersubsidi. Bayangkan pengusahaan/ penambangan minyak tanah, batubara (yang merusak lingkungan), pembuatan pembangkit tenaga listrik uap, distribusi tenaga listrik, yang semuanya dibangun dengan biaya besar.

Kelebihan penggunaan listrik tenaga surya:
* Energi yang terbarukan / tidak pernah habis
* Bersih, ramah lingkungan
* Umur panel surya / solar cell panjang/ investasi jangka panjang
* Praktis, tidak memerlukan perawatan
* Sangat cocok untuk daerah tropis seperti Indonesia

Panel surya / solar cell sebagai komponen penting pembangkit listrik tenaga surya, mendapatkan tenaga listrik pada pagi sampai sore hari sepanjang ada sinar matahari. Umumnya kita menghitung maksimun sinar matahari yang diubah menjadi tenaga listrik sepanjang hari adalah 5 jam. Tenaga listrik pada pagi - sore disimpan dalam baterai, sehingga listrik dapat digunakan pada malam hari, dimana tanpa sinar matahari.

Karena pembangkit listrik tenaga surya sangat tergantung kepada sinar matahari, maka perencanaan yang baik sangat diperlukan. Perencanaan terdiri dari:

  • Jumlah daya yang dibutuhkan dalam pemakaian sehari-hari (Watt).
  • Berapa besar arus yang dihasilkan panel surya / solar cell (dalam Ampere hour), dalam hal ini memperhitungkan berapa jumlah panel surya / solar cell yang harus dipasang.
  • Berapa unit baterai yang diperlukan untuk kapasitas yang diinginkan dan pertimbangan penggunaan tanpa sinar matahari. (Ampere hour).

Dalam nilai ke-ekonomian, pembangkit listrik tenaga surya memiliki nilai yang lebih tinggi, dimana listrik dari PT. PLN tidak dimungkinkan, ataupun instalasi generator listrik bensin ataupun solar. Misalnya daerah terpencil: pertambangan, perkebunan, perikanan, desa terpencil, dll. Dari segi jangka panjang, nilai ke-ekonomian juga tinggi, karena dengan perencanaan yang baik, pembangkit listrik tenaga surya dengan panel surya / solar cell memiliki daya tahan 20 - 25 tahun. Baterai dan beberapa komponen lainnya dengan daya tahan 3 - 5 tahun.

Beberapa komponen dari pembangkit listrik tenaga surya (cara kerjanya dapat dibaca di Instalasi Listrik Tenaga Surya):

Kesimpulan orang menggunakan panel surya (solar cell) karena:

  • Ingin berkontribusi pada lingkungan
  • Tidak mau tergantung pada PLN
  • Daerah terpencil, tenaga listrik dari panel surya / solar cell lebih murah.


Aplikasi tenaga surya

Tenaga surya yang diserap bumi adalah sebanyak 120 ribu terawatt.Pada prinsipnya tenaga surya sebagai pembangkit listrik dengan dua cara:

Tenaga surya dapat diaplikasikan sebagai berikut:lampu penerangan jalan tenaga surya

  • Tenaga surya sebagai sumber listrik untuk kamera CCTV.
  • Tenaga surya sebagai sumber listrik untuk instalasi wireless (WIFI), radio pemancar, perangkat komunikasi.
  • Tenaga surya untuk perangkat signal kereta api, kapal.
  • Tenaga surya untuk rumah walet, irigasi, pompa air.
  • Tenaga surya sebagai portable power supply


Jenis panel surya

Panel surya / solar cell mengubah intensitas sinar matahari menjadi energi listrik. Panel surya / solar cell menghasilkan arus yang digunakan untuk mengisi baterai.

Panel surya / solar cell terdiri dari photovoltaic, yang menghasilkan listrik dari intensitas cahaya, saat intensitas cahaya berkurang (berawan, hujan, mendung) arus listrik yang dihasilkan juga akan berkurang.

Dengan menambah panel surya / solar cell (memperluas) berarti menambah konversi tenaga surya. Umumnya panel surya / solar cell dengan ukuran tertentu memberikan hasil tertentu pula. Contohnya ukuran a cm x b cm menghasilkan listrik DC (Direct Current) sebesar x Watt per hour/ jam.


Efesiensi Perubahan Daya

Daya Tahan

Biaya Keterangan
Penggunaan
Mono
Sangat Baik
Sangat Baik
Baik Kegunaan Pemakaian Luas
Sehari-hari
Poly
Baik
Sangat Baik
Sangat Baik Cocok untuk produksi massal di masa depan
Sehari-hari
Amorphous 
Cukup Baik
Cukup Baik Baik
Bekerja baik dalam pencahayaan fluorescent
Sehari-hari & perangkat komersial (kalkulator)

Compound (GaAs)

Sangat Baik
Sangat Baik Cukup Baik Berat & Rapuh
Pemakaian di luar angkasa

Jenis panel surya / solar cell
Polikristal (Poly-crystalline)
Merupakan panel surya / solar cell yang memiliki susunan kristal acak. Type Polikristal memerlukan luas permukaan yang lebih besar dibandingkan dengan jenis monokristal untuk menghasilkan daya listrik yang sama, akan tetapi dapat menghasilkan listrik pada saat mendung.

Monokristal (Mono-crystalline)
Merupakan panel yang paling efisien, menghasilkan daya listrik persatuan luas yang paling tinggi. Memiliki efisiensi sampai dengan 15%. Kelemahan dari panel jenis ini adalah tidak akan berfungsi baik ditempat yang cahaya mataharinya kurang (teduh), efisiensinya akan turun drastis dalam cuaca berawan.

sumber bermanfaat : http://www.panelsurya.com*

Bulletin

Alamat LPTTI

LPTTI - Lembaga Pendidikan Teknologi Terapan IndonesiaReview www.lptti.com on alexa.com
WISMA SUBUD, Jl Fatmawati Raya 52, Cilandak Barat Telp. 021-7669585
JAKARTA SELATAN

Kel. Pisangan TSHP

TEKNISI SERVIS HANDPHONE KEL.PISANGAN
Pelatihan Reparasi Handphone untuk pemuda dilingkungan Kel. Pisangan.
Program pengabdian masyarakat, oleh Jurusan Teknik Elektro, UNJ. Rawamangun 17-18 Nov 2007. Bekerja sama LPTTI dibawakan oleh Sriwijaya dan Sudanang Dananjaya.

Read more...

Testimoni Perjalanan Konter Servis Handphone (CYBER CELL)

Konter kami, beri nama Cyber Cell, berdiri pada tanggal 13 September 2016 yang beralamat di jalan Siaga Raya, Attahiriyah, Pejaten Barat, Jakarta Selatan.

Alhamdulillah dengan telah mengikuti pelatihan yang di laksanakan oleh Lembaga Pendidikan Teknologi Terapan Indonesia (LPTTI) di Cilandak, Jakarta S...

Read more...

Digital Marketing

KENAPA DIGITAL MARKETING ?

Pengukuran dan pelaporan telah lama berfungsi sebagai dasar aktivitas pemasaran digital, namun pada tahun 2017, sifat digital yang didorong data akan menjadi lebih penting. Pemasaran di dalam toko semakin populer karena pengiklan telah berhasil memanfaatkan kemampuannya...

Read more...

PRODUK

Produk LPTTI antara lain;

  • Pelatihan pendidikan Teknologi Terapan yang bersifat singkat, padat namun aplikatip
  • Buku-buku susunan LPTTI
  • Paket penjualan Alat perbaikan handphone
  • Paket penjualan Box Repair Software Handphone
  • Paket penjualan peralatan mesin cetak kaos, mug, Pin dan ID Card
  • Paket penjualan komp...
Read more...